Tujuan Sumber Daya Manusia

Tujuan Sumber Daya Manusia
Tujuan manajemen sumber daya manusia, diantaranya yaitu:

Tujuan Sosial
Tujuan sosial manajemen sumber daya manusia adalah agar organisasi atau perusahaan bertanggungjawab secara sosial dan etis terhadap keutuhan dan tantangan masyarakat dengan meminimalkan dampak negatifnya.

Tujuan Organisasional
Tujuan organisasional adalah tujuan manajemen menjadikan sasaran formal membantu organisasi mencapai tujuannya.

Tujuan Fungsional
Tujuan fungsional adalah tujuan untuk mempertahankan kontribusi departemen sdm pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Tujuan Individual
Tujuan individual adalah tujuan pribadi setiap anggota organisasi atau perusahaan yang ingin mencapai melalui aktivitas dalam organisasi.

Menurut Cushway, tujuan manajemen SDM diantaranya yaitu:
Membuat Kebijakan dan Pertimbangan
MSDM memilik tugas untuk memotivasi para pekerja. Dengan begitu, divisi yang mengurus masalah tersebut harus ikut membantu membuat kebijakan untuk SDM.

Membantu Perusahaan Mencapai Tujuan
Divisi manajemen sumber daya manusia juga bertanggungjawab dalam hal penerapan kebijakan yang dibuat serta memperhatikan dampak kebijakan dan prosedur terhadap para pekerja.

Memberi Dukungan
Salah satu tujuan MSDM yang paling penting adalah memberikan dukungan terhadap perusahaan. Dengan begitu, bentuk nyata dari dukungan tersebut berupa perekrutan SDM berkualitas dan menciptakan kondisi yang kondusif di perusahaan.

Menyelesaikan Masalah
Setiap organisasi atau perusahaan pasti akan menghadapi masalah. Seringkali masalah tersebut membawa perusahaan pada situasi krisis dan resiko negatif bagi banyak pihak. Peran MSDM sangat penting dalam menyelesaikan masalah yang ada di perusahaan.

Media Komunikasi Terbaik
MSDM bisa berperan sebagai media komunikasi yang menjembatani hubungan antara pekerja, manajer, dan perusahaan. Seringkali karyawan menghindari untuk berkomunikasi langsung dengan manajer atau staff lain. Di sinilah peran divisi MSDM sangat diperlukan untuk membantu komunikasi tersebut.

Tujuan pengelolaan manajemen sumber daya manusia diantaranya yaitu:

  • Agar bisa lebih mudah menentukan apa yang ingin dicapai, bagaimana mencapainya dan mengukur seberapa jauh pencapaian setiap periode waktu tertentu.
  • Untuk mengembangkan efektivitas kerja sumber daya manusia di dalam organisasi.
  • Memperbaiki kualitas tenaga kerja dalam suatu organisasi sehingga dapat memberikan kontribusi lebih kepada organisasi.
  • Memberikan aturan kerja yang efektif dengan produktivitas tinggi kepada organisasi.
  • Untuk menyeimbangkan antara tujuan masing-masing individu dan menyelaraskan nya hingga mampu bergerak dalam irama yang sama demi mencapai tujuan bersama yaitu tujuan perusahaan.
  • Untuk membantu para manajer fungsional dan manajer lini dalam mengelola seluruh tenaga kerja atau karyawan selaku sumber daya manusia dengan cara yang lebih efektif.
  • Tujuan manajemen sumber daya manusia menurut Sunarto, antara lain:
  • Memperoleh dan mempertahankan tenaga kerja yang terampil, memiliki motivasi tinggi dan dapat dipercaya bagi organisasi.
  • Meningkatkan dan memperbaiki kualitas tenaga kerja dalam organisasi yang diukur dari kontribusi, kemampuan dan kecakapan dalam melaksanakan operasional pekerjaan.
  • Mengembangkan sistem kerja yang baik secara prosedur dalam perekrutan dan seleksi calon karyawan.
  • Menciptakan lingkungan yang harmonis dan produktif baik antar tim maupun antara manajemen dan karyawan.
  • Menyeimbangkan dan menyelaraskan keperluan masing-masing stakeholder.
  • Menghargai elemen sumber daya manusia berdasarkan prestasi yang telah dicapai
  • Meningkatkan kesejahteraan para karyawan baik secara fisik maupun mental.
  • Menyediakan kesempatan yang merata bagi seluruh elemen sumber daya manusia.
  • Melakukan pendekatan yang humanis dalam proses pengelolaan karyawan yang berlandaskan keadilan, perhatian, dan transparansi.
Tujuan manajemen sumber daya manusia menurut Sedarmayanti, antara lain:

Produktivitas
Semakin tinggi dan semakin baik sumber daya manusia yang dimiliki maka akan menciptakan produktivitas yang baik bagi perusahaan.Sumber daya manusia yang terampil akan menghasilkan sumbangsih yang lebih banyak dan lebih baik daripada sumber daya manusia yang kurang terampil meski perusahaan harus mengeluarkan biaya lebih tinggi bagi sumber daya manusia terampil.

Laba(Profit)
Mengelola tenaga kerja dan mempertimbangkan perbedaan kebutuhan dan keinginan individu dan kelompok yang difasilitasi dalam penyampaian aspirasi.
Sumber daya manusia yang baik akan menghasilkan laba perusahaan yang lebih tinggi. Laba saat ini menjadi tujuan utama bagi suatu perusahaan yang bersifat profit oriented yang juga berkaitan secara tidak langsung dengan tujuan sumber daya manusia.Ukuran kinerja dikembangkan untuk membandingkan antara input dan output. Oleh karena itu ukuran kinerja karyawan saat ini berbasis pada ukuran laba yang diperoleh.

Postingan terkait:

loading...