Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi manajemen sumber daya manusia diantaranya yaitu:

Perencanaan (Planning)
Fungsi perencanaan manajemen sumber daya manusia ini merupakan upaya sadar dalam pengambilan keputusan yang telah diperhitungkan dengan matang tentang hal apa saja yang akan dilakukan pada masa mendatang oleh perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Rekrutmen (Recruitment)
Menurut Schermerhorn, Rekrutmen (Recruitment) adalah proses penarikan kandidat guna mengisi posisi yang kosong. perekrutan yang efektif akan memberikan peluang kerja bagi orang yang mempunyai kemampuan dan keterampilan yang memenuhi kualifikasi dan spesifikasi pekerjaan.

Seleksi
Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses dalam menemukan tenaga kerja yang sesuai dari sekian kandidat yang ada.

Orientasi, Pelatihan dan Pengembangan
Pelatihan atau training adalah proses pembelajaran yang melibatkan perolehan keahlian, peraturan, konsep maupun sikap untuk meningkatkan kinerja para tenaga kerja.

Pengembangan atau development adala upaya penyiapan individu untuk menanggung tanggung jawab yang beda ataupun lebih tinggi dalam perusahaan.

Evaluasi Kinerja
Fungsi evaluasi manajemen sumber daya manusia berhubungan erat dengan fungsi pemantauan dan fungsi pelaporan. Fungsi evaluasi manajemen sumber daya manusia dilakukan agar perusahaan tidak melakukan kesalahan yang sama.

Kompensasi
Kompensasi adalah pemberian balas jasa secara langsung atau tidak langsung dalam bentuk uang ataupun barang pada tenaga kerja sebagai bentuk imbalan dari perusahaan. Prinsip kompensasi yaitu adil dan layak menyesuaikan dengan tanggung jawab tenaga kerja serta prestasinya.

Pengintegrasian
Pengintegrasian adalah aktivitas menyatukan kepentingan perusahaan dengan kebutuhan karyawan, sehingga tercipta kerjasama yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Pemeliharaan
Pemeliharaan merupakan aktivitas untuk memelihara atau meningkatkan kondisi mental, fisik dan loyalitas pekerja agar tercipta kerjasama yang panjang.

Pemberhentian
Pemberhentian atau Pemutusan hubungan kerja (PHK) merupakan pengakhiran hubungan kerja perusahaan dengan tenaga kerja yang disebabkan oleh sebuah hal yang menyebabkan hak dan kewajiban berakhir antara perusahaan dan tenaga kerja.

Postingan terkait:

loading...