Langkah-Langkah Membuat Kuesioner Online Dengan Google Form


Apa itu kuesioner? Coba kalian tanya pada mereka mahasiswa tingkat akhir. Saya yakin 99% mereka sangat familiar dengan kata tersebut. Satu persennya ke mana? Ya sudah pasti. Bila Allah mengizinkannya. Tapi sepertinya kurang kerjaan juga jika kalian menanyai pertanyaan sepele itu kepada mereka. Coba akses KBBI online saja. Di sana sudah sangat jelas pengertiannya.

ku.e.si.o.ner /kuèsionèr/ : n alat riset atau survei yang terdiri atas serangkaian pertanyaan tertulis, bertujuan mendapatkan tanggapan dari kelompok orang terpilih melalui wawancara pribadi atau melalui pos; daftar pertanyaan

Saya yakin persepsi kita sudah sama mengenai arti kuesioner ya. Kuesioner dilihat dari ejaannya, saya yakin ini bahasa serapan. Bahasa mana memangnya? Ya bahasa asing pastinya : Question. Jika diterjemahkan : Pertanyaan. Itulah mengapa kuesioner isinya ya daftar pertanyaan.

Mari kita mulai langkah-langkah untuk membuat kuesioner online dengan Google Form. Check it out!

Pertama, akses tautan berikut https://docs.google.com/forms untuk masuk ke Google Form.

Pertama, klik tanda + untuk memulai formulir baru. Di sinilah kita akan memulai semuanya dari awal. Mari kita awali segalanya dengan bismillah. Supaya apa yang kita lakukan minimal bermanfaat untuk diri kita. Aamiin.


Kedua akan muncul tampilan formulir yang kosong. Di situ benar-benar masih kosong. Judul, deskripsi, serta pertanyaan-pertanyaan juga belum ada. Maka kita sendiri yang akan membuatnya nanti.

Sebelum kita lanjut, mari kita menyamakan persepsi kembali. Kita akan membuat formulir atau kuesioner untuk tujuan apa? Agar sederhana mari kita buat kuesioner untuk pengiriman barang saja ya.


Ketiga maka pada judul, bisa kita beri tulisan “Formulir Pengiriman Barang”. Sekaligus deskripsi singkat, seperti di bawah ini. Biasanya penjelasan singkat untuk calon pengisi kuesioner.


Keempat, langsung saja klik ‘Untitled Question’ untuk mulai membuat pertanyaan.


Kelima, kita ketik dahulu pertanyaan pertama. Biasanya diawali dengan menanyakan nama seseorang. Format pertanyaan terserah kita. Misalnya, “Siapa nama lengkap Anda?” atau “Nama lengkap :” juga bisa. Sesuaikan kebutuhan saja ya.

Kemudian, kita ingin jawaban yang seperti apa? Pilihan ganda kah? Ya tidak mungkin dong. Maka bisa diganti dengan klik bagian combobox, lalu pilih ‘Jawaban singkat’.

Oya. Nama adalah salah satu data yang penting. Oleh karena itu, responden harus mengisinya. Google Form pun memberi cara untuk menghindari responden mengosongkan jawaban. Caranya dengan mengaktifkan ‘Wajib diisi’.


Keenam, kita tambah lagi pertanyaan lain untuk mendapatkan data lain. Misalnya, “Nomor telepon:” Maka caranya dengan klik tanda + di bagian kanan. Nanti akan muncul form pertanyaan baru. Lalu isikan pertanyaan lain di situ.



Ketujuh, Google Form cukup keren nih. Jika kalian mengisikan “Nomor telepon:” akan muncul validasi data. Memiliki tujuan agar terhindar dari kesalahan input data. Apalagi nomor telepon yang terdapat angka nol, bisa saja tertukar dengan huruf O.



Bisa kalian tambah teks kesalahan khusus untuk responden. Contohnya, “Hanya bisa diisi dengan angka!” pada bagian situ. Sehingga ketika responden mengisi dengan huruf, akan muncul peringatan ini.


Kedelapan, menambah pertanyaan lagi. Caranya seperti langkah sebelumnya. Pertanyaan apa ya kira-kira? Oya misalnya, menanyakan jenis barang yang akan dikirim. Barang pecah belah atau bukan? Maka jangan lupa untuk mengganti jenis jawaban responden dengan ‘Pilihan ganda’. Lalu berikan opsi sesuai kebutuhan kita.


Sebagai tambahan. Google Form memberikan fitur untuk menambahkan ikon atau gambar pada setiap pertanyaan atau opsi di atas. Caranya dengan mengarahkan kursor ke pertanyaan atau opsi tersebut, lalu klik pada ikon gambar yang muncul.



Kemudian, klik ‘Pilih gambar untuk diupload’ >> akan masuk file explorer untuk mencari gambar yang akan diupload >> ok.


Kita tunggu proses upload. Oya, saya sarankan bila ingin menggunakan gambar pada form. Maka disesuaikan antara ukuran gambar dengan ukuran form. Supaya rapi dan enak dilihat.

Begitu selesai upload. Otomatis muncul gambarnya. Bisa diperhatikan gambar yang saya sisipkan pada opsi jawaban. Gambar tersebut memiliki ukuran 80×80 pixels. Memang saya resize, supaya pas dengan ukuran form.


Kesembilan, sejauh ini kita telah memiliki tiga pertanyaan untuk responden. Maka kita buat pertanyaan lain sesuai kebutuhan masing-masing. Misalnya di sini saya menambahkan tiga pertanyaan terakhir “Kode Pos:”, “Alamat Pengiriman”, dan “Nama Lengkap Penerima:”. Caranya hampir sama dengan langkah-langkah di atas.

Berikut format jawaban yang saya berikan untuk ketiga pertanyaan tersisa. Ketiganya wajib diisi, maka saya aktifkan fitur ‘Wajib diisi’.




Oke. Kita sudah selesai membuat pertanyaan untuk formulir pengiriman barang. Waktunya untuk uji coba. Pura-puranya kita sebagai responden yang mengisi formulir yang kita buat barusan. Sebelum uji coba, jangan lupa mengganti nama file formulir yang ada di pojok kiri atas. Supaya enak dilihat.



Fitur-fitur pada Google Form

Coba sekarang tengok ke pojok kanan atas. Di sana ada beberapa ikon yang bisa kita coba. Ikon palet, mata, gerigi, tombol kirim, dan tiga titik.



  1. Palet : digunakan untuk pemilihan tema formulir.
  2. Mata : digunakan untuk melakukan pratinjau formulir. Kita bisa melihat formulir sebagai responden.
  3. Gerigi : digunakan untuk melakukan pengaturan terhadap formulir.
  4. Tombol kirim : digunakan untuk mengirim formulir. Bisa langsung dikirim ke email tertentu. Atau kita copy tautan dari Google Form yang kita buat, baru kita sebar kepada responden.
  5. Tiga titik : digunakan untuk mengatur lebih lanjut.

Terlepas dari fungsi kelima ikon di atas. Itu tinggal disesuaikan sesuai kebutuhan kita. Misalnya saja aturan untuk login terlebih dahulu sebelum mengisi kuesioner. Itu bisa kita atur pada ikon gerigi (setelan) di atas. Caranya dengan mengaktifkan ‘Batasi ke 1 tanggapan’. Seperti yang saya lakukan di bawah.


Cara menyebar kuesioner Google Form dengan tautan atau link

Ini yang membuat kuesioner, bisa dengan mudah diakses siapa saja. Sehingga memiliki jangkauan lebih luas. Langsung saja klik ‘Kirim’ dan akan muncul tampilan seperti ini. Lalu klik yang saya tunjuk di bawah.



Atau jika ingin memperpendek link nya kalian bisa menggunakan aplikasi bitly atau aplikasi perpendek URL.

Penutup
Akhirnya tulisan mengenai Google Form sudah mencapai penghujung. Jika ada pertanyaan kalian bisa bertanya via email denikurniawan@keemail.me

Sekian. Semoga Bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Langkah-Langkah Membuat Kuesioner Online Dengan Google Form"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tempat Kumpulan Tutorial
tutorialden.site adalah tempat kumpulan tutorial
tutorialden.site

Universitas Matha'ul Anwar Jakarta
Kuliah Kelas Karyawan Jakarta
unmajakarta.ac.id

LDK Unma Jakarta
Lembaga Dakwah Kampus Unma Jakarta
www.pintaram.com/u/ldkraudhatuljannah

Ads by deni.my.id

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel